Kamis, 14 Oktober 2010

Tahun 2005

Inget banget waktu itu aku pulang sekolah dan seperti biasa anak-anak. Pulang terus cuci kaki cuci tangan, makan siang terus tidur siang deh. Hari itu aku cuma duaan di rumah sama mamah. Aku tidur di kamar mamah dan mamah mau sholat dulu sebelum tidur katanya. Terus mamah ambil wudlu. Dan aku pun tertidur.
Beberapa saat kemudian, tiba-tiba ada Bapak Avi (tetangga depan rumah) bangunin aku. 
"De, de. Bangun de. Mamah jatoh tuh." kata Bapak Avi sambil goyangin badan aku.
Aku bangun yang sambil matanya merem melek. Karena tiba-tiba dibangunin. "Hm ya?"
"Itu De mamah diluar." Bapak Avi sambil tarik aku ke pintu ruang tengah. Dan pintu itu dibuka sama Bapak Avi. Memang sebelum kita tidur pintu dikunci sama mamah.
Aku heran apa yang dilakuin Bapak Avi. Setelah pintu itu dibuka, aku melihat mamah sudah tergeletak di teras dan ada pecahan-pecahan asbes disekitar mamah. Aku masih percaya gak percaya ngeliat ini. Ternyata mamah terjatuh  dari atap rumah yang tingginya kurang lebih 3 meter. Tetangga-tetangga udah pada "ngeriungin" rumah. Aku cuma bisa berdiri dibelakang pintu sambil nangis. DIsitu aku gemeteran banget gak percaya. Mamah langsung di gotong sama tetangga-tetangga ke kamar aku, karna kamar aku paling deket. Dikasurku mamah cuma bisa Istigfar dan baca-baca, di bantu Mamah Avi (istri Bapak Avi). Aku gak kuat untuk ngeliat mamah, jadi aku ngeringkuk di kursi tamu dan gak sadar aku ngomong "Mah, jangan pergi. Jangan tinggalin Ade. Mamah harus kuat. Mamah pasti kuat." dan aku gak kuat menangisi itu semua. Mungkin saking kerasnya aku nangis, sampe-sampe Mamah Avi nyamperin aku bilang "Istigfar aja ya De, berdoa sama Allah supaya mamah ga kenapa-kenapa. Ke mamah yuk! Mamah pengen ketemu Ade tuh.." Mungkin Mamah Avi juga sedih ngeliatnya, dia langsung meluk aku dan nangis juga sambil bilang "Udah ya De, jangan nagis lagi ya. Senyum ya, semangatin mamah gih, jangan nangis depan mamah." Disitu bukannya aku berenti nangis malah makin nangis. Dan akhirnya aku kuatin diri aku dan aku samperin mamah. Aku inget banget pas itu mamah ngelus kepala aku. Hati aku udah pikiran yang aneh-aneh aja, "Mamah jangan pergi Mah, Ade belum siap." "Mungkin ini terakhir aku liat mamah?Mungkin ini terakhir mamah ngelus kepala aku?". 
Setelah itu aku sedikit lupa, pokoknya beberapa lama kemudian ambulance dateng dan bawa mamah ke RSAI. Aku cuma bisa liat mamah di jendela karna aku gak kuat liat mamah diangkut pake kasur yang gitu loh yang biasa di ambulance. Aku gak tau disitu papah kapan dateng pokoknya tiba-tiba ada suara papah dan mobilnya. Aku langsung masuk kamar dan tiduran di kasur sambil nangis. Dan aku lupa lagi setelah itu.
Besoknya disekolah, lagi belajar tiba-tiba papah dateng minta izin ke guru supaya aku pulang lebih awal dan mungkin guruku nanya kenapa aku pulang duluan karena setelah itu Bu Juwita langsung bilang "Ayo anak-anak, kita sama-sama doain mamahnya fely semoga......" dan aku langsung nagis disitu.
Oke, aku udah nyampe RSAI dan langsung menuju ruang VIP 103 (masiih inget). ternyata disitu ga ada ranjang mamah dan cuma ada Wa Ila dan yang lainnya. Wa Ila bilang "Mamah baru aja pergi ke ruang operasi. Sok gih susul cepet.". aku langsung pergi dan aku cuma ketemu mamah di depan ruang operasi aja, terus mamah masuk ruang operasi deh.
8 jam mamah diruang operasi. Ternyata tulang ekor sebelah kiri mamah retak. Aku cukup merinding ngerdengernya.
Aku sempet tidur di situ juga sih, mungkin bisa di bilang pergi dari rumah sakit pulang ke rumah sakit. Hampir 1 bulan mamah dirawat. Akhirnya mamah pulang dan selama beberapa bulan mamah pakai tongkat, dari tongkat yang kaki 4 sampai kaki 3. 
Setelah sembuh mamah cerita ke aku apa sebab mamah bisa jatoh dari atap. Mamah itu tadinya sebelum tidur mau sholat dulu dan bahkan mamah udah wudlu lagi tapi mamah menunda sholatnya. Malah mamah pergi ke atas ngambilin jemuran, pas ada satu baju yaitu baju aku terbang agak jauh dari balkon, mamah berusaha ngambil dan gak sengaja nginjek asbes yang udah retak dan akhirnya mamah jatoh deh ke teras. "Mungkin kalo ada mobil di teras mamah pasti jatohnya di atas mobil.".
Aku hanya berharap semoga gak akan pernah terjadi lagi di keluargaku dan orang sekitarku. Amiiiinnnn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar